Sabtu, 09 Juni 2018

Pengertian Persamaan dan Pertidaksamaan Linear beserta contohnya

Hai teman-teman... 

Selamat datang di blog saya... Hari ini kita akan mempelajari tentang persamaan dan tidak persamaan linear.  


Apa itu persamaaan linear?
Persamaan linear adalah sebuah persamaan aljabar, yang tiap sukunya mengandung konstanta, atau perkalian konstanta dengan variabel tunggal.

apabila konstanta A dan B dijumlahkan maka, hasilnya bukan angka nol. Konstanta dituliskan sebagai A ≥ 0, seperti yang telah disepakati ahli matematika bahwa konstanta tidak boleh sama dengan nol. Grafik persamaan ini bila digambarkan, akan menghasilkan sebuah garis lurus dan setiap garis dituliskan dalam sebuah persamaan seperti yang tertera di atas. Bila A ≥ 0, dan x sebagai titik potong, maka titik koordinat-x adalah ketika garis bersilangan dengan sumbu-x (y = 0) yang digambarkan dengan rumus -c/a. Bila B≥ 0, dan y sebagai titik potong, maka titik koordinat- y adalah ketika garis bersilangan dengan sumbu-y (x = 0), yang digambarkan dengan rumus -c/b.
Apa itu persamaan linear satu variabel? Persamaan linear satu variabel adalah persamaan-persamaan yang mempunyai satu variabel (peubah), yaitu x, p, dan n di mana derajat dari masing-masing variabel adalah 1. Contoh:
a. 2x+ 5 = 10
b. 2x +5 = 4x - 7
Apa itu pertidaksamaan linear satu variabel?
Pertidaksamaan linear satu variabel adalah kalimat terbuka yang hanya memiliki sebuah variabel dan berderajat satu dan memuat hubungan (<, >, ³atau £ ).Contoh:
a. x > 5b. 2x– 3 < 7c. 
b.3a ³ a + 5d. 5n – 3 £ 4n + 2

Kalimat-kalimat terbuka di atas menggunakan tanda hubung <, >, ³ atau £. Kalimat-kalimat ini disebut pertidaksamaan.Setiap pertidaksamaan tetap ekuivalen, dengan tanda ketidaksamaan tidak berubah, walaupun kedua ruas dikalikan dengan bilangan positif yang sama.Suatu pertidaksamaan apabila kedua ruasnya dikalikan dengan bilangan negatif yang sama maka tanda pertidaksamaan berubah.


Semoga bermanfaat ya teman-teman...Sampai jumpa di blog saya berikutnya...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar